Tag Archives: emas

Nasi Kotak, Satu Bentuk Penyederhanaan Masalah

banner02

Dalam sebuah rapat, pertemuan, seminar, atau acara apapun yang melibatkan orang banyak biasanya disediakan nasi kotak sebagai konsumsi rapat. Kenapa harus nasi kotak? Semua peserta dianggap sama, baik masakannya, porsinya, dan preferensi rasa. Padahal setiap orang adalah unik, mempunyai selera makan, porsi, bahkan kebutuhan kalori yang berbeda. Hasilnya? menurut pengalaman kami banyak yang tidak puas karena kurang cocok dengan menu yang disajikan, terlalu banyak porsinya, terlalu pedas dan lain lain. Bahkan banyak diantara sampah nasi kotak tersebut tidak habis, ada yang sisa nasinya, sayurnya atau lauknya dan akhirnya jadi mubazir.

Nasi Kotak adalah salah satu bentuk penyederhanaan masalah, terkadang memang dirasa kurang tepat namun biasanya menjadi solusi paling mudah. Namun untuk yang mendapat nasi kotak solusi tersebut belum tentu yang paling tepat. Dalam dunia bisnis khususnya ritel, kita harus memperlakukan pelanggan dengan spesial dengan kebutuhan yang spesifik. Seth Godin dalam artikelnya “The Easy Trap” mengatakan bahwa solusi yang paling mudah belum tentu merupakan solusi yang terbaik. Terkadang solusi yang paling susah adalah yang paling memuaskan, namun apakah sumber daya kita dapat memenuhinya? belum tentu. Hal ini apabila terkait dengan organisasi yang mempunyai banyak stakeholder dengan kebutuhan yang berbeda, apakah kita akan menyajikan nasi kotak? atau prasmanan namun kita belum mampu menyediakannya? Mungkin ada baiknya kita bertanya kepada mereka inginkan sehingga kita dapat melakukan pelayanan terbaik dengan sumber daya yang ada.

Dalam hal keuangan pribadi, juga berlaku hal yang sama. Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda namun mereka terkadang terbujuk untuk memakan solusi yang kurang tepat karena kurang informasi. Contohnya adalah asuransi unit link untuk seluruh keperluan investasi anda. Asuransi unit link bagai “nasi kotak” yang cocok bagi semua. Begitu juga emas, saham, dan produk investasi yang lain. Tidak ada solusi tunggal bagi setiap orang, karena setiap orang mempunyai kondisi keuangan dan tujuan masing-masing.

Wassalam

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under perencanaan keuangan, piece of mind

7 Kutipan Warren Buffett tentang Emas

Warren Buffett

Warren Buffet, orang terkaya dunia ke-3 versi majalah Forbes dikenal bukan penggemar emas. Dia sangat skeptis terhadap emas yang dianggapnya tidak produktif. Berikut kutipan-kutipan beliau yang mengungkapkan alasannya enggan berinvestasi emas

1. “Emas akan digali dari tanah di Afrika, atau tempat lainnya. Lalu kita melelehkannya, menggali lubang lain, kemudian menguburnya kembali di penyimpanan dan membayar orang untuk menjaganya. Tidak punya fungsi dan kegunaan. Siapapun menonton dari Mars akan menggaruk kepala mereka karena heran. ”

2. “Masalah dengan komoditas adalah bahwa Anda bertaruh pada berapa yang orang lain berani bayar untuk komoditas tersebut dalam enam bulan. Komoditas itu sendiri tidak akan melakukan apa pun untuk Anda …. adalah hal yang sangat berbeda membeli sebongkah sesuatu dan berharap bahwa orang lain membayar Anda lebih banyak untuk itu dua tahun  dari sekarang daripada untuk membeli sesuatu yang Anda harapkan untuk menghasilkan pendapatan untuk Anda dari waktu ke waktu. ” Baca lebih lanjut

10 Komentar

Filed under perencanaan keuangan

Arisan, asik gak yaa? ;)

Arisan, kegiatan yang identik sama ibu-ibu. Minum teh dan kue, bercengkerama tentang gosip-gosip terbaru, sampai  berjualan. Kegiatan Arisan ini sangat populer di Indonesia, sampai-sampai Nia Dinata bikin film berjudul Arisan! yang populer hingga melambungkan si Tora Sudiro yang konyol abis. :p

Arisan mempunyai kelebihan dan kekurangan tergantung jenis arisannya. Menurut Ahmad Gozali arisan mempunyai beberapa kelebihan lo, makanya jangan sinis dulu. Kelebihannya antara lain

1. Ajang silaturahmi

2. Mendapatkan kenalan baru

3. Sarana Pemasaran dan Pembuatan Jaringan

4. Saran belajar menabung

5. Proses Perencana Keuangan Baca lebih lanjut

8 Komentar

Filed under perencanaan keuangan

Kebun Emas, apakah menguntungkan?

berkebun emas logam mulia

berkebun emas logam mulia

Akhir-akhir ini ada metode baru dalam berinvestasi emas, apakah ituuuu? Eng Ing Engggg,,,, :p. Namanya Berkebun Emas, yaitu berinvestasi emas dengan memanfaatkan system gadai syariah (rahn). Bagaimana metodenya? Yaitu dengan membeli emas Logam Mulia 24 karat kadar 99,9% dengan sertifikat ANTAM untuk kemudian digadaikan dan digunakan untuk membeli satu keping emas lagi. Dalam hal ini kita menggunakan gadai sebagai leverage dalam berinvestasi emas. Baca lebih lanjut

19 Komentar

Filed under perencanaan keuangan

Investasi Emas, apakah lebih menguntungkan daripada Reksadana?

Beberapa waktu yang lalu di bulan April 2011 emas berkali-kali mencapai rekor tertinggi, kalo dalam rupiah tertinggi sampai 430 ribu per gram. Namun beberapa waktu yang lalu anjlok jadi 415 ribu lagi,,,, soooo, apakah emas ini sarana yang bagus untuk berinvestasi? kita lihat dulu tabel di bawah ini,,,

data harga emas dalam rupiah dari tahun 1994 hingga mei 2011

data harga emas dalam rupiah dari tahun 1994 hingga mei 2011 (Gambar 1)

dari Gambar 1 diatas terlihat bahwa pada tahun 1994 harga emas masih sebesar Rp. 24.000an dan tetap datar sampai tahun 1998 saat krisis terjadi. Karena keadaan krisis dan terjadi ketidakpastian ekonomi, harga emas saat itu mencapai Rp. 150.000,- namun turun kembali seiring stabilnya situasi. Harga emas saat itu selain memang harganya melambung tinggi, juga disebabkan karena nilai kurs Rupiah yang melemah terhadap dollar hingga Rp 20.000 per USD, sedangkan harga emas di pasar komoditas dinilai dengan dollarBaca lebih lanjut

19 Komentar

Filed under perencanaan keuangan

Anomali biaya haji

Hajj

Urutan Pelaksanaan Haji

wew di metro dibahas tentang penyelenggaraan haji, how come qta setor 25 juta untuk berhaji 5 thn k depan dan tidak ada returnnya

padahal kalo diinvestasikan k reksadana bisa dapat return 10-35% per tahun,, diapain itu hayoo uangnyaaa?

lebih setuju pake standar emas saja, yg mau ngetek haji setor emas sekian gram. dasarnya harga emas aja lebih adil

harus ada laporan, uang yang disetor diputar kemana dan dipakai untuk biaya apa? kalo perlu dimuat d koran

salah 1 pejabat DJPB waktu saya tanya tentang uang haji ini juga angkat tangan, katanya “tiap instansi punya mainan sendiri2 mas”

wew,, jadi kementerian2 ngurus negara ini cuma ‘mainan’?

mahal gpapa deh, pokokna berikan return uang jemaah haji yg mengendap. Jangan malah blg, ‘mau haji kok makan bunga’

kan return bukan hanya bunga, kan bisa berupa bagi hasil ato capital gain saham

peran ganda pemerintah sbagai regulator dan penyelenggara haji perlu dikaji ulang, apakah efisien. Mungkin perlu ditenderkan

sehingga umat muslim yg mau haji bisa dengan biaya yg lebih murah,, karena haji ini WAJIB bg yang mampu

dengan mahalnya haji, sudah berapa orang yang dihalangi untuk menunaikan kewajibannya

apabila biaya haji terjangkau, bayangkan pahala yang diperoleh telah mengakomodasi sekian juta orang untuk haji

apabila haji sudah murah, maka perlu regulasi untuk pemerataan jamaah haji. Sehingga tdk ada lg yg haji berkali2

mungkin diterapkan, boleh haji lagi setelah sekian tahun dari haji terakhir. Sehingga cakupan haji lebih luas

kalo jaman abubakar kaum yang menghalangi umat membayar zakat diperangi

berarti kaum yang menghalangi umat berhaji juga diperangi?

karena zakat dan haji sama-sama Rukun Islam

sekian twit2 ttg #biayahaji maaf jika ogut sotoy,, CMIIW ya agan2

Tinggalkan komentar

Filed under piece of mind