Category Archives: Uncategorized

Gratifikasi

maxresdefaultUntuk profesional yang berkecimpung dalam bidang procurement (pengadaan), purchasing (pembelian), atau apapun yang terkait dengan pihak ketiga (vendor) baik di lingkungan pemerintah maupun swasta biasanya tidak asing dengan godaan gratifikasi.

Gratifikasi sendiri merupakan salah satu bentuk korupsi dan telah dilakukan penindakan dan pencegahan oleh KPK, namun terbatas hanya pada kasus yang melibatkan pejabat publik. Padahal definisi gratifikasi tidak terbatas pada kasus yang melibatkan pejabat publik, namun juga termasuk sektor swasta.

http://www.hukumonline.com/berita/baca/hol21210/suap-di-sektor-swasta-belum-terjamah-hukum

http://www.andaka.net/blog/gratifikasi-dokter-kenali-dan-hindari/

https://www.controlrisks.com/~/media/Public%20Site/Files/PDF/ABC_Policy.pdf

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under piece of mind, Uncategorized

Mohon Maaf Lahir dan Batin

Assalamualaikum Wr. Wb
Sudah hampir tiga minggu setelah lebaran idul Fitri, namun rasanya tidak ada kata terlambat untuk meminta maaf,
Saya Devino Rizki Arfan dan keluarga minta maaf sebesar-besarnya apabila ada tulisan dan kata yang kurang berkenan.

Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin

 

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Kerumitan Dibalik Kesederhanaan

Jika anda tidak bisa menjelaskannya kepada anak berusia 6 tahun, maka anda sendiri sebenarnya belum mengerti ~ Albert Einstein

Kesederhanaan adalah hal yang sulit ditemui, semuanya harus serba canggih, hitech, dan tentunya rumit.

Tentu kita semua pernah merasakan bagaimana rumitnya pelayanan publik, baik saat di lingkungan Kelurahan, Samsat, bahkan KUA. Contoh nyata rumitnya pelayanan publik ada di perijinan eksplorasi migas, berapakah ijin yang diperlukan untuk melakukan eksplorasi migas di Indonesia? menurut Dahlan Iskan membutuhkan 280 ijin dari beberapa kementerian. Banyak Pelayanan Publik yang dirancang sangat berbelit-belit membuat kita agak kewalahan.

Namun beberapa birokrat modern seperti Gubernur Joko Widodo yang melakukan terobosan tentang Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang hanya mencantumkan KTP Jakarta sebagai syarat utama dan tentunya kurang mampu. Dengan kebijakan seperti itu kerumitan akan dipindah ke dalam SOP internal pemda DKI dalam meneliti lebih lanjut kelayakan penerima KJS. Memindahkan kerumitan dari pengguna layanan ke pemberi layanan dan tentunya dibantu dengan teknologi.

Hal tersebut sama dengan kita mempelajari ilmu yang rumit namun apabila kita telah menguasainya maka kita dapat menjelaskannya secara sederhana dan mudah dimengerti, seperti menerangkan isi satu buku tebal dengan satu postingan blog pendek 🙂

Tinggalkan komentar

Filed under piece of mind, Uncategorized

Mall, bentuk pembangunan semu Jakarta

i dare say that malls built around jakarta is the picture of “pembangunan semu”

do u need those malls? do we? we should ask ourself,,, what if they dont exist?

lack of public space made those malls always crowded everyday, especially on weekend,,, why? because they think they have no other choice

human is communal, they’d love to gather, share some stories, with people who had something in common, n the easiest place to meet are malls

i miss Malang n jogja,, in malang we gather in a friends house, coffe shop beside the street, a park, even cemetery haha,,,

in jogja, people gather in angkringan,,, the economic level doesnt matter, from entrepreneurs to the tkg becak. no boundaries

but in Jakarta, mall just become lifestyle, or i can even say way of life. eat? mall sports? mall refreshing?
mall shop? mall

if the malls provide beds for customers, maybe people will sleep there 😉

unfortunately, the consumerism culture becoming a national trend,people start 2 want stuff they dont need, or worse, stuff they cant afford

i admit, i still go to the malls. but i reduce the frequency,, 😉 if i meet people or looking some stuff. it should have a purpose

high schoolers n college go to the mall almost everyday,, if they dont have a job? wheres the money from? no problem if their parent rich

but if their parents not rich? who will bear their expensive lifestyle? crime and prostitute is the answer

the disparity between the rich n the poor widening,,, the middle class trying to act like the rich lifestyle,,, which they cant afford

eventually, the middle class drown into the sea of debt and being a poor class,,, the middle class is gone,,, *worst scenario

or, if the middle class live simple,, being frugal n controlling their expenditure. they can be rich if they manage their money right

2 Komentar

Filed under Uncategorized

Himbauan boikot produk israel,,

slogan boikot produk israel
slogan boikot produk israel

dalam kaitannya dengan agresi militer Israel k jalur Gaza hari ini gw menerima banyak sekali himbauan boikot seperti ini

“KFC, PIZZA HUT, STARBUCK & MCDONALD’S, Carrefour menyumbangkan penghasilannya selam 2 minggu kedepan kepada ISRAEL. AYO BOIKOT & teruskan pesan ini!! ( sumber : BBC News)”

gatau itu hoax apa kagak, tapi yang jelas kebetulan gw udah berbulan2 g k restoran2 yg disebut,, akhirnya gw bales deh k salah satu temen yang ngirim tadi, sebut saja A,,

sayah :”wah perasaan aq udah berbulan2 g kesitu”
a :”haha, pikiranku tadi juga gitu”
a :”eh tapi tempo hari ruanganku pesen pizza, tp aq g ikut bayar”
sayah :”ehmmmm,,,,”
sayah :”kalo ruanganku pesen gorengan, disumbangin ke israel juga gag?”

hal ini merupakan perbedaan kasta,, dimana kantor si A pesen pizza, sedangkan kantor saya hobi beli gorengan,,,

memang ironis, , qta menentang agresi Israel tapi tetep menggunakan produk mereka.

sayah pribadi tidak menyarankan pemboikotan apapun. Anda sendiri yg bisa menilai,,,

5 Komentar

Filed under piece of mind, Uncategorized

Home sweet home,,,,

dimanapun kita menetap sekarang, tempat paling nyaman adalah rumah sendiri,, rumah yang kita tempati sejak kecil. Honestly, it’s the most comforting zone to me,,,

pos dan sawah deket rumah

rumahq istanaq, rumah ortu sii.. hehehe

rumahq istanaq, rumah ortu sii.. hehehe

Baca lebih lanjut

6 Komentar

Filed under Gw Aku Kula Ambo, Uncategorized

Bloodsucking ritual,,,,,

ehmmm,,, sebenernya ini posting yang agak telat.

Karena hiatus selama hampir 3 bulan. Hehehe

tgl 15 maret 2008 yg lalu gw diundang lewat milis tentang adanya acara ritual penghisapan darah d clubhouse apartemen pavilion,, tapi bkn diisep ma om drakul yg nakutin, tapi ama jarum segede-gede alaihim yang gag kalah ngerinya,, tapi dengan tujuan donor sebagai persediaan getih d PMI dan kebetulan sekali tipe darah devino AB rhesus positif,, tergolong jarang,, jadi kesimpulannya kalo saya membutuhkan transfusi darah,biasanya susah nyarinya,,

gw berangkat dari rumah dalam keadaan mendung,, udah deh modal nekad gw menembus mendung,, tapi di palmerah gramedia ujan deres bgt,, yah, yo beteduh d halte bus,, huff,, syaul bener,emang apes,,

Baca lebih lanjut

4 Komentar

Filed under Uncategorized