Biaya Kuliah Perguruan Tinggi Negeri 2013

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun 2013 ini biaya kuliah di perguruan tinggi negeri diatur oleh Permendikbud 55 Tahun 2013 beserta lampirannya yang mengatur mengenai biaya kuliah, sehingga kampus tidak membebankan macam-macam biaya kepada mahasiswa seperti SPP, BOP, Uang Pangkal dll. tetapi dijadikan satu komponen bernama Uang Kuliah Tunggal dimana jumlah harus dibayar berbeda-beda sesuai dengan kategori 1 s/d 5 yang dilihat berdasarkan keadaan ekonomi orang tua mahasiswa.

Di lampiran Permendikbud tersebut terdapat dua komponen, yaitu Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 Permendikbud tersebut:

Pasal 1
(1) Biaya kuliah tunggal merupakan keseluruhan biaya operasional per mahasiswa per semester pada program studi di perguruan tinggi negeri.
(2) Biaya kuliah tunggal digunakan sebagai dasar penetapan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa masyarakat dan Pemerintah.
(3) Uang kuliah tunggal merupakan sebagian biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya.
(4) Uang kuliah tunggal sebagaimana dimaksud pada ayat (3) ditetapkan berdasarkan biaya kuliah tunggal dikurangi biaya yang ditanggung oleh Pemerintah.

Jadi BKT merupakan biaya yang dibutuhkan untuk operasional per mahasiswa per semester, sedangkan UKT merupakan uang yang dibayarkan mahasiswa kepada Universitas. Selisihnya disubsidi oleh pemerintah dalam hal ini Kemendikbud.

UKT = BKT – Subsidi Uang Kuliah

Dengan adanya Peraturan ini biaya kuliah menjadi transparan, karena dipublikasikan secara umum dan seluruh orang dapat mengaksesnya. Selain itu menurut pasal 5 dan 6 Permendikbud tersebut, universitas tidak diperbolehkan memungut uang lagi selain UKT kecuali maksimal 20% dari seluruh penerimaan tidak mengikuti aturan UKT.

Pasal 5
Perguruan tinggi negeri tidak boleh memungut uang pangkal dan pungutan lain selain uang kuliah tunggal dari mahasiswa baru program Sarjana (S1) dan program diploma mulai tahun akademik 2013 – 2014.
Pasal 6
Perguruan tinggi negeri dapat memungut di luar ketentuan uang kuliah tunggal dari mahasiswa baru program Sarjana (S1) dan program diploma nonregulerpaling banyak 20 (dua puluh) persen dari jumlah mahasiswa baru mulai tahun akademik 2013 –2014.

Di lampiran saya mengamati, biaya paling mahal adalah Fakultas Kedokteran. Selain itu Jurusan Farmasi juga salah satu yang termahal. Demikian informasi biaya kuliah Universitas Negeri, bisa dilihat di Daftar Uang Kuliah Tahunan.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under perencanaan keuangan

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s