Berpikir dan Bertindak Dari Akhir

Tanggal 18 – 19 Juni yang lalu adek-adek kita melaksanakan SNMPTN, saya udah 9 tahun yang lalu jadi berasa tua, haha,,,. Jaman sekolah, baik di SD, SMP, SMA, ataupun Kuliah saya selalu bertanya-tanya, buat apa sih saya belajar? Kata orang tua saya, biar PINTAR. Kata “PINTAR” ini sangat abstrak sekali, pinter ngapain? Orang maling juga pinter, pintar mengambil milik orang lain. Saya belum pernah diarahkan untuk “PINTAR” secara spesifik. Alangkah lebih baik kita diberi gambaran akhir dari perjalanan kita, karena anak muda hidup dalam masa sekarang. Jujur saya tidak suka Akuntansi, tapi saya masuk ke kampus yang ada nama Akuntansi nya. Hasilnya? saya tidak mengerti untuk apa saya mempelajari ini? Baru setelah bekerja saya mengerti bahwa akuntansi sangat bermanfaat dan keren hahaha,,,

Kakak ipar saya cerita bahwa di perusahaan minyak saat ini keahlian yang sangat diperlukan dan supply sedikit adalah lulusan Teknik Metalurgi, padahal jurusan tersebut gradingnya rendah pada saat SNMPTN. Saya tidak memverifikasi cerita ini ke praktisi perminyakan lain, namun benang merahnya menurut saya adalah dalam menentukan kuliah alangkah lebih baik kita menganalisa dunia kerja terlebih dahulu. Pelajari ada profesi apa saja, apabila perlu bertanya pada profesional yang bekerja pada bidang tersebut. Setelah melakukan survei, kita bisa menentukan apa yang sesuai dengan passion kita? Dan jalur yang harus kita tempuh untuk mencapainya. Apabila harus kuliah di jurusan tertentu maka jalani kuliah tersebut. Passing grade sebuah jurusan tidak menentukan masa depan kita.

Steve Jobs, Bill Gates, dan Mark Zuckerberg adalah contoh visioner dimana mereka tau apa yang mereka mau dan mereka merasa bahwa bangku kuliah sudah tidak sejalan dengan visi mereka, maka mereka memutuskan untuk keluar. Kita bisa belajar pada orang yang telah mencapai tahap tersebut dan bertanya apa yang telah mereka lakukan? Tapi yang pertama kali harus kita temukan? Apa Passion kita? 🙂

Iklan

2 Komentar

Filed under career

2 responses to “Berpikir dan Bertindak Dari Akhir

  1. yah emang bener yg namanya pintar itu relatif, pintar blm tentu sukses

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s