Internet, Pengalih Perhatian Paling Hebat

Internet bagaikan pisau bermata dua, di satu sisi sangat bermanfaat sebagai sumber informasi dan media komunikasi yang sangat efektif. Namun di sisi lain, dapat menjadi pengalih perhatian dari pekerjaan yang seharusnya kita selesaikan. Di satu pagi, kita punya daftar yang akan kita kerjakan. Misalnya mencari bahan untuk paper, namun tanpa sadar kita malah nyangkut di facebook, twitter, bahkan ngobrol di forum.

Coba hitung, berapa kali kita mengalami hal tersebut? Saya yakin cukup sering. Oleh karena itu beberapa perusahaan memblokir situs-situs tertentu yang sering diakses dan dianggap tidak berhubungan dengan pekerjaan. Hal tersebut diharapkan efektif dan membuat karyawan menjadi lebih fokus kepada pekerjaannya.

Seperti yang Lucy Jo Palladino jelaskan dalam bukunya Find Your Focus Zone, bahwa melakukan kegiatan rekreasional seperti nonton TV, main game, akan membuat otak kita bekerja dan mengeluarkan zat dopamin yang memberikan efek kesenangan kepada kita. Dan apabila level dopamin terhadap kegiatan tersebut telah berkurang maka kita akan mencari kegiatan lain yang dapat mengeluarkan zat dopamin yang setara seperti sebelumnya.

Hal tersebut cocok dengan analisa perilaku kerja kita, awal kita mengerjakan akan terasa lebih menyenangkan. Namun lambat laun seiring berjalannya waktu kita tanpa sadar ingin menjaga level dopamin kita dengan membuka website yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

Bagaimana mengatasinya? Menurut Jeff Stibel ada beberapa cara dalam mengatasinya

1. Cukup Tidur : Otak yang cukup istirahat lebih susah teralihkan fokusnya

2. Makan Bergizi : Otak yang cukup nutrisi akan berfungsi lebih baik

3. Meminimalisasi Stress dan Amarah : Hal tersebut menyebabkan otak memproduksi zat kimia berupa norepinephrine dan cortisol, yang dapat menyebabkan masalah.

4. Hati-hati terhadap Situs Penghabis Waktu : Sangat mudah kita terjebak dalam waktu yang lama saat membaca forum atau baca blog (seperti blog ini). Tetap fokus dan batasi aktivitas online.

5. Kerja Pintar, Bukan Lebih Lama : Jika anda bekerja terlalu lama, maka otak akan mencari pengalihan baik disadari maupun tidak. Coba jadwalkan beberapa kali istirahat, 6 jam yang produktif lebih baik daripada 10 jam terbuang percuma karena berkutat dengan Google atau Sosial Media.

Demikian, semoga kita dapat lebih fokus terhadap pekerjaan kita ke depannya.

Terima Kasih Banyak

sumber: http://blogs.hbr.org/cs/2009/10/why_the_internet_is_so_distrac.html

Iklan

1 Komentar

Filed under career, piece of mind

One response to “Internet, Pengalih Perhatian Paling Hebat

  1. PT.ROYAL PREMIER INTERNATIONAL perusahaan yang bergerak di bidang Investasi Properti, Kami mengusung program khusus untuk para Investor yang pasti kami memberikan suatu konsep yang menarik dan paling menguntungkan http://www.ondelondeljakarta.com/investasi-properti-condotel-yogyakartavilla-balivillatel-bali.html

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s