Tips Membeli Gadget


Gadget seperti Ponsel, Laptop, Tablet bukan merupakan barang asing lagi di gaya hidup modern sekarang. Berikut beberapa tips yang perlu dipertimbangkan dalam mencari dan membeli gadget yang cocok

1. Sesuai Kebutuhan

Saya ingat sekali pada tahun 2009 saat saya akan membeli laptop, saya bertanya pada kawan yang bergerak di bidang IT. “Mas, laptop yang bagus apa ya?” Lalu dia menjawab, “Loh, tergantung. Kamu mau pake buat apa?”. Jujur dulu saya tidak mengerti, dulu menurut saya laptop yang bagus adalah speknya tinggi, layarnya tajam, prosesor cepat dll. Tetapi seiring waktu saya mengerti bahwa spek yang tinggi tersebut bukan segalanya, jadi bukan saya yang mengikuti spek gadget tapi gadget lah yang menyesuaikan kebutuhan saya. Contoh, saya butuh laptop untuk mengetik dan browsing, tentu saya tidak perlu VGA 1 GB, Processor Terbaru, Layar super besar dan jernih. Tapi ternyata cukup diakomodir oleh netbook yang bahkan tidak memenuhi kriteria di atas. Hal yang sama juga terjadi pada Ponsel, apabila ada keluaran Iphone ato Samsung terbaru dan ada keinginan untuk membelinya. Mungkin perlu ditanyakan kembali apa kelebihannya dibandingkan ponsel yang lama dan apakah anda benar~benar membutuhkannya? Jadi pada saat anda membeli gadget, tanyakanlah pada diri kita sendiri “apa sih kebutuhan gua, dan gadget seperti apa yang kita butuhkan?“.

2. Jangan Pikir Nilai Jual Kembali

Gadget dan barang elektronik merupakan investasi yang buruk. Saya pernah membeli ponsel seharga 2,5 juta menyicil selama 12 bulan dan saat lunas, harganya apabila dijual hanya 1 juta dan sudah jarang saya pakai lagi karena sudah tidak sesuai kebutuhan saya lagi. Sejak itu saya sampai saat ini tidak mau membeli ponsel dengan harga lebih dari 1,5 juta. Karena semakin tinggi harga gadget, turunnya biasanya akan semakin drastis dan bikin sakit hati. Belilah gadget sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, dan jangan pikirkan nilai jual kembali.

3. Teguhlah Pada Prinsip, Jangan Ikut-ikutan

Kebanyakan dari kita, terutama adik adik yang masih pelajar banyak yang membeli sesuatu karena ikut-ikutan dan merasa tidak ngetren kalo belum punya gadget tertentu. Hal ini sungguh tidak sehat karena pertemanan akan dinilai dari gadget, banyak cerita siswa smp/sma mau jual diri hanya karena diiming2I gadget oleh pria hidung belang. Percaya dirilah bahwa tanpa gadget yang lagi ngetrenpun kita bisa terus hidup dan berteman dengan siapapun.

4. Perhatikan Pelayanan Purna Jual Gadget 

Lakukanlah riset kecil-kecilan dalam mengamati pelayanan servis dan sparepart apabila terjadi kerusakan. Biasanya merk-merk baru kurang dapat bersaing dalam pelayanan purna jual karena jaringan counternya belum terlalu kuat dan solid. Pilihlah merek yang mempunyai jaringan purna jual yang luas dan pelayanan yang mumpuni sehingga apabila terjadi kerusakan dapat dilayani dengan baik.

Demikian tulisan dari saya, semoga dapat membantu teman-teman melakukan pertimbangan dalam membeli gadget yang sesuai budget

Iklan

5 Komentar

Filed under piece of mind, sightseeing

5 responses to “Tips Membeli Gadget

  1. Terima kasih ya, artikelnya pas dengan yg lagi kita butuhin….

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s