9 Hal Yang Dilakukan Sebelum Pensiun (2)

5. Sebelum memasuki masa pensiun, biasakanlah mempunyai dana darurat proporsional terhadap kebutuhan dan tanggungan. Minimal cukup untuk menutupi 6 bulan pengeluaran, apabila lebih banyak lebih bagus. Namun terlalu banyak juga tidak disarankan, kebutuhan 12 sampai 18 bulan maksimal disarankan.

6.  Evaluasi sumber penghasilan Anda. Anda sudah tahu apa yang akan Anda habiskan setiap bulan. Sekarang mencari tahu di mana uang itu akan datang dari. Akan lebih baik apabila anda sudah berinvestasi sehingga sudah terbentuk dana pensiun yang cukup.

7.  Merevisi strategi investasi Anda. Cara Anda sudah menangani investasi Anda selama 30 tahun terakhir tidak bagaimana Anda harus menangani mereka selama 30 berikutnya. Sambil mempersiapkan pensiun, Anda berfokus pada akumulasi aset. Ketika Anda berada di pensiun, Anda perlu fokus pada penghasilan dan sejalan dengan peningkatan biaya hidup. Aset harus fleksibel dan cair sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda yang mendadak. Kata-kata baru akan memasuki kosakata Anda: rollovers (pensiun dibayar per bulan) dan lump sum (pensiun dibayar sekaligus).

8.  Apakah anda mempunyai wasiat? Bagaimana dengan harta anda apabila tiba-tiba dipanggil Tuhan YME? Apabila anda Muslim anda terikat dengan hukum waris dalam Islam, tapi apakah dengan begitu semua beres? Belum tentu, banyak keluarga yang tercerai berai karena masalah warisan. Cobalah kumpulkan dokumen-dokumen, serifikat, surat berharga, dll untuk dikomunikasikan kepada notaris dan anak-anak anda agar tercatat dan ahli waris tidak bingung dengan harta anda apabila ditinggal secara mendadak.

9.  Mungkin hal yang paling penting dari semua di atas. Jika Anda tidak bersemangat tentang pensiun, maka hal tersebut tidak menjadi masalah. Banyak orang cepat menjadi bosan setelah pensiun. Tidak apa-apa – bahkan menarik – untuk kembali ke sekolah atau tempat kerja. Banyak yang melakukan hal ini, sering sekali bidang baru. Bahkan Paman istri saya, bule Australia yang telah berumur 70 lebih berkata “Dont stop working, it makes us keep moving and thinking thet keep you young”

sumber:http://www.ricedelman.com/cs/education/article?articleId=318&titleParam=Top%20Ten%20Things%20to%20Do%20Before%20Retiring

Iklan

2 Komentar

Filed under perencanaan keuangan

2 responses to “9 Hal Yang Dilakukan Sebelum Pensiun (2)

  1. Yess… investasi buat hari tua itu penting
    Salah satunya bisa dengan berinvestasi di saham
    Coba cek di Cara Belajar Main Saham
    Mungkin bisa sedikit membantu

    Thanks

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s