9 Hal Yang Dilakukan Sebelum Pensiun (1)

Berikut yang sebaiknya anda lakukan, ketika anda mulai mempersiapkan masa pensiun anda. Persiapan pensiun lebih awal lebih baik, oleh karena persiapkan pensiun anda sedini mungkin.

1.  Tentukan bagaimana Anda akan menghabiskan waktu Anda. Apa yang akan Anda lakukan selama 6 sampai 12 bulan awal di masa pensiun, dan apa yang Anda rencanakan untuk lakukan untuk sisa hidup pensiun Anda? Apakah anda sudah ada usaha dan tetap ingin menjalankan usaha tersebut, bekerja paruh waktu yang tidak terlalu berat yang mengandalkan pengalaman kerja selama ini, atau ingin pensiun penuh nyambi momong cucu? Semua adalah pilihan hidup dan terdapat konsekuensi masing-masing. Dampak keputusan ini dalam merencanakan dana pensiun sangat krusial karena berpengaruh pada besarnya kebutuhan dana pensiun.

2.  Tentukan gaya hidup anda setelah pensiun, apakah sama dengan gaya hidup sekarang atau dengan beberapa penyesuaian. Jangan lupa untuk menyertakan pengeluaran periodik seperti hadiah, liburan, pajak, sebuah mobil baru sesekali, dan keadaan darurat. Tentunya dengan faktor inflasi uang yang semakin tinggi, maka jumlah nominal tentu tidak sama dengan dengan nominal sekarang. Tapi semuanya dapat dihitung dan dapat menjadi dasar untuk menentukan besaran kebutuhan bulanan Anda saat pensiun.

3. Antisipasi biaya-biaya kesehatan, karena di masa senja gangguan kesehatan akan makin banyak otomatis biaya kesehatan juga semakin meningkat. Apabila pemberi kerja masih memberikan tunjangan kesehatan maka akan lebih baik, namun apabila tidak mungkin bisa segera disiapkan dana kesehatan hari tua dengan melakukan investasi. Kenapa tidak membeli asuransi? Karena tidak asuransi yang mengkover hari tua, kalaupun ada maka harganya sangat mahal sekali dan tidak sesuai kebutuhan.

4.  Rencanakanlah kebutuhan dengan baik, karena banyak yang kaget karena susah mendapatkan pinjaman setelah pensiun, atau dikenakan bunga atau margin yang lebih tinggi. Hal ini  karena tidak banyak lembaga keuangan menganggap memberi pinjaman kepada pensiunan karena dianggap berisiko tinggi.

Untuk lanjutannya tunggu posting selanjutnya yaaa,,,

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under perencanaan keuangan

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s