Asuransi Kesehatan Untuk Hari Tua

Selamat Hari Jumat semuanya, semoga di hari kecepit ini kita tetap semangat bekerja dan berkarya.

Beberapa waktu yang lalu, ada yang bertanya apakah ada asuransi kesehatan yang bayar preminya mulai sekarang namun mulai berlaku saat sudah tua. Karena saat ini yang bersangkutan masih dikover penuh oleh perusahaan tempat bekerja, namun perlindungan tersebut berhenti pada saat pensiun dan tidak dapat diperpanjang sendiri. Setelah melakukan survei kecil-kecilan, di Indonesia belum ada produk asuransi seperti itu. Yang tersedia adalah asuransi yang berlaku dari saat pembayaran premi hingga usia 99 tahun, namun disamping preminya yang mahal nilai pertanggungan kesehatannya saya rasa tidak akan sesuai dengan harapan karena akan terus tergerus inflasi.

Kalo di Amerika Serikat, Britania Raya, dan Kanada terdapat produk yang bernama Long Term Care Insurance. Individu yang membutuhkan asuransi ini bukan yang sakit secara umum, tetapi yang tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari sendiri seperti memakai baju, mandi, makan, buang air, atau berjalan. Sehingga apabila tidak ada sanak saudara atau tidak mau merepotkan orang lain maka itu fungsi Long Term Care InsuranceYang dibutuhkan adalah asuransi kesehatan untuk hari tua, namun saya rasa konsepnya mirip Long Term Care Insurance tetapi yang diajukan adalah layanan kesehatan dalam arti Perawatan untuk Rawat Inap dll.

Karena tidak ada asuransi yang mengakomodir kebutuhan asuransi seperti itu, maka saya rekomendasikan untuk membentuk Dana Kesehatan Hari Tua dengan menyisihkan sebagian penghasilan bulanan dalam investasi jangka panjang yang diharapkan dapat  menjadi dana cadangan untuk menggantikan peran asuransi kesehatan, karena kita tau semakin bertambah umur semakin rentan kita terhadap penyakit terutama penyakit degeneratif.

Demikian tulisan saya, semoga membantu

Wassalam

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under asuransi

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s