#SedekahRombongan, Revolusi dalam Bersedekah

Menjadi perantara bagi orang yang membutuhkan dengan orang yang berniat untuk bersedekah, seperti itulah tim #SedekahRombongan. Mereka menyalurkan 100% donasi masyarakat kepada orang yang membutuhkan, tanpa dipotong biaya apapun.

Gerakan ini dipelopori oleh Mas Saptuari Sugiharto, yang awalnya berniat membantu seorang anak kecil yang membutuhkan bantuan karena sakit parah melalui situsnya, yang kemudian dilanjutkan dengan kampanye di twitter menggunakan hashtag #SedekahRombongan yang juga disambut dengan antusias dan makin banyak yang ingin menitipkan sedekah kepada Beliau. Yang kemudian membuat website tersendiri dengan tim relawan yang bergerilya mecari target sasaran sedekah yang membutuhkan.

Surat Al Baqarah ayat 276

276. Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah[177]. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa[178].

[177]. Yang dimaksud dengan memusnahkan riba ialah memusnahkan harta itu atau meniadakan berkahnya. Dan yang dimaksud dengan menyuburkan sedekah ialah memperkembangkan harta yang telah dikeluarkan sedekahnya atau melipat gandakan berkahnya.[178]. Maksudnya ialah orang-orang yang menghalalkan riba dan tetap melakukannya.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 276 di atas juga sangat jelas Allah sangat menganjurkan sedekah. Mungkin karena keberkahan itulah usaha tersebut dilancarkan oleh Allah SWT. Bahkan menurut cerita para “makelar” sedekah tersebut, usaha mereka menjadi lancar setelah ikut dalam proyek #SedekahRombongan ini.

SURAT AL-BAQARAH (2) Ayat 83

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ لاَ تَعْبُدُونَ إِلاَّ اللّهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً وَذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُواْ لِلنَّاسِ حُسْناً وَأَقِيمُواْ الصَّلاَةَ وَآتُواْ الزَّكَاةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلاَّ قَلِيلاً مِّنكُمْ وَأَنتُم مِّعْرِضُونَ

[Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kalian menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. (Tetapi) kemudian kalian berpaling (dari janji tersebut) kecuali sebahagian kecil dari kalian, dan kalian (memang selalu) ingkar.]

Namun sebelum kita bersedekah di #SedekahRombongan, ada baiknya kita melihat Surat Al- Baqarah ayat 83, yaitu melihat apakah orang tua dan kerabat terdekat kita ada yang memerlukan bantuan. Karena merekalah prioritas kita, sesuai dengan urutan yang tercantum dalam ayat di atas.

Gerakan #SedekahRombongan ini adalah revolusi untuk mempermudah masyarakat untuk bersedekah, dan menjembatani antara pemberi dan penerima sedekah. Semoga Allah memperlancar rejeki kita agar dapat berbagi dan bersedekah kepada orang lain yang membutuhkan, sesungguhnya ada hak mereka dalam harta kita.

Assalamualaikum Wr. Wb

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under piece of mind

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s