7 Kutipan Warren Buffett tentang Emas

Warren Buffett

Warren Buffet, orang terkaya dunia ke-3 versi majalah Forbes dikenal bukan penggemar emas. Dia sangat skeptis terhadap emas yang dianggapnya tidak produktif. Berikut kutipan-kutipan beliau yang mengungkapkan alasannya enggan berinvestasi emas

1. “Emas akan digali dari tanah di Afrika, atau tempat lainnya. Lalu kita melelehkannya, menggali lubang lain, kemudian menguburnya kembali di penyimpanan dan membayar orang untuk menjaganya. Tidak punya fungsi dan kegunaan. Siapapun menonton dari Mars akan menggaruk kepala mereka karena heran. ”

2. “Masalah dengan komoditas adalah bahwa Anda bertaruh pada berapa yang orang lain berani bayar untuk komoditas tersebut dalam enam bulan. Komoditas itu sendiri tidak akan melakukan apa pun untuk Anda …. adalah hal yang sangat berbeda membeli sebongkah sesuatu dan berharap bahwa orang lain membayar Anda lebih banyak untuk itu dua tahun  dari sekarang daripada untuk membeli sesuatu yang Anda harapkan untuk menghasilkan pendapatan untuk Anda dari waktu ke waktu. “

3. “Emas adalah cara menghindari rasa takut di pasar, dan itu telah menjadi cara yang cukup baik dari waktu ke waktu. Tapi Anda benar-benar harus berharap orang-orang menjadi lebih takut dalam setahun atau dua tahun dari sekarang. Dan jika mereka menjadi lebih takut Emas Anda akan menghasilkan uang, jika mereka menjadi kurang takut Anda kehilangan uang, tapi emas itu sendiri tidak menghasilkan apa-apa. ”

4. “Saya akan mengatakan ini tentang emas. Jika Anda mengambil semua emas yang ada di dunia, kira-kira akan membuat sebuah kubus dengan sisi sepanjang 67 kaki… Sekarang untuk kubus yang sama yang terbuat emas, itu akan bernilai dengan harga pasar saat ini sekitar  US$ 7 triliun – itu mungkin sekitar sepertiga dari nilai dari semua saham di Amerika Serikat … sebesar $ 7 triliun … Anda bisa memiliki semua lahan pertanian di Amerika Serikat, Anda bisa memiliki sekitar tujuh Exxon Mobile (NYSE: XOM) dan Anda bisa memiliki satu triliun dolar uang tunai… Dan jika Anda menawarkan pilihan mempunyai kubus emas sebesar 67 kaki dan hanya dapat melihatnya sepanjang hari, aku akan menyentuhnya dan kadang-kadang mengaguminya … Panggil aku gila, tapi aku akan mengambil lahan pertanian dan Exxon Mobile.”

5. “Aset utama dalam kategori ini adalah emas, saat ini menjadi favorit besar para investor yang takut terhadap semua aset lainnya, terutama uang kertas ( yang dilihat dari nilainya, mereka bertindak benar untuk takut). Emas, bagaimanapun, memiliki dua kekurangan yang signifikan, karena tidak banyak berguna atau prokreasi. Emas memiliki beberapa utilitas industri dan dekoratif, tetapi permintaan untuk tujuan ini adalah terbatas dan tidak mampu menyerap produksi baru. Sementara itu, jika Anda memiliki satu ons emas untuk selamanya, Anda masih akan memiliki satu ons di ujungnya. ”

6. “Apa yang memotivasi pembeli emas paling banyak adalah keyakinan mereka bahwa level ketakutan akan terus meningkat dan tumbuh. Selama dekade terakhir keyakinan tersebut telah terbukti benar. Selain itu, harga yang naik memiliki antusiasme akan menarik pembeli yang melihat kenaikan sebagai pembenaran investasi. Akan banyak investor yang ikut-ikutan membeli emas, mereka menciptakan kebenaran mereka sendiri – untuk sementara waktu “.

7. “Saya tidak punya pandangan ke mana arahnya, tapi satu hal yang saya dapat beritahu Anda, emas tidak melakukan apa-apa baik sekarang atau di masa yang akan datang, kecuali untuk dilihat saja. Sedangkan, Anda tahu, Coca-Cola (NYSE: KO) akan menghasilkan uang, dan saya pikir Wells Fargo (NYSE: WFC) akan membuat banyak uang . Lebih baik untuk memiliki angsa yang bertelur terus daripada angsa yang hanya diam dan memakan biaya asuransi, penyimpanan dll. ”

Pendapat yang Buffett kemukakan ada benarnya, namun menilik dari historikal harga emas juga tidak dapat disangkal perannya sebagai alat lindung nilai. Bagaimana dengan anda? Apakah anda setuju dengan Warren Buffett? Ato ada argumen lain?

Sumber :  http://commodityhq.com/2012/top-seven-warren-buffet-quotes-on-gold-investing/

Iklan

10 Komentar

Filed under perencanaan keuangan

10 responses to “7 Kutipan Warren Buffett tentang Emas

  1. Dear Mas Vino,
    Apa kabarnya Mas?
    Apa yang dikatakan oleh WB adalah opini yang sangat masuk akal,
    Data historikal dari tahun 1999 menunjukan bahwa emas mengalami kenaikan harga..
    Tapi menurut opini saya sendiri, bahwa emas tidak pernah berubah 1 gram tetep 1 gram emas, yang berubah adalah naik atau turun nilai rupiah yang dipengaruhi permintaan dan penawaran pasar terhadap emas.
    Yang ingin saya tanyakan adalah
    Apakah benar peralataan elektronik yang saat ini mulai banyak diproduksi seperti laptop dan komputer desktop, menggunakan emas sebagai salah satu komponen nya?
    Mohon maaf jika informasi yang saya peroleh salah. Jika salah mohon untuk dikoreksi.
    Saat ini saya mulai untuk beralih investasi yang tidak hanya memberikan capital gain namun juga memberikan cash flow in.
    Nice sharing Mas..

    Jangan lupa jumat 21 desember 2012 kita mainan cash flow game @ olala thamrin.

    See you…

    • Alhamdulillah Mas Pandji, luar biasa 🙂

      Saya juga kurang tau mas masalah teknis mesin elektronika, namun setau saya emas merupakan penghantar yang sangat baik sehingga banyak dipakai dalam komponen mesin elektronik. Jack alat musik yang bagus juga biasanya berlapis emas untuk menghasilkan suara yang jernih.

      Iya mas cash flow dan capital gain memang sama-sama penting mas, kalau bisa memang jalan berbarengan 🙂

      Siap insya Allah jumat ya mas
      Terima Kasih Banyak Mas Pandji

      • Sip Mas Vino,
        kalo di luar saya main CFG 101 biasanya bayar..
        tapi buat Mas Vino dan istri spesial kita mainan sampe puas..
        Ku sharing infonya ya..
        http://pandjiharsanto.com/2012/12/19/workshop-cash-flow-game-101-dan-resolusi-keuangan-2013/

        Good News,
        Tahun 2013 tinggal dalam hitungan hari, bagaimana dengan resolusi finansial 2012 anda?
        Apakah beberapa planning yang anda buat dalam resolusi sudah tercapai?
        Kalau belum, JANGAN CEPAT KECEWA! JANGAN BERUBAH PESIMIS!
        Dengan mengikuti workshop ini, and aakan mengalami beberapa perubahan:
        Mindset anda dalam mengatur keuangan.
        Anda mengetahui dengan jelas bagaimana sebenarnya keadaan keuanganan di saat ini.
        Bagaimana membuat tujuan keuangan dengan benar (evaluasi resolusi 2012 menjadi resolusi keuangan 2013)
        Panduan Investasi

        Semua dijelaskan secara rinci dan detail
        Ikuti workshopnya“CFG 101 dan Resolusi keuangan 2013” Yang diadakan oleh Fin-Ally Consulting
        http://www.Fin-ally.com
        Sabtu, 12 Januari 2013
        Jam 12.00 WIB
        Hotel Treva Jl. Menteng No. 33 Jakarta.

        Acara:
        12.30 – 15.30 Permainan Cash Flow Game 101 (1 pion tikus 1 peserta)
        15.30 – 17.00 Materi akan dibawakan oleh Pandji Harsanto, Yeri Kemi & Farah Dini Novita

        PESERTA TERBATAS 24 ORANG dengan 4 papan CASH FLOW
        Tiap Papan hanya terdiri dari 6 orang peserta
        Dalam permainan ini tiap peserta akan mendapatkan 1 pion tikus (1 orang 1 pion tikus), setiap peserta bebas menentukan keputusan keuangannya baik itu berhutang, konsumsi, berderma, melakukan deal bisnis, ataupun investasi tanpa dipengaruhi peserta lain.
        Untuk Pendaftaran hubungi Pandji 08170778989, 085697359500
        dan email ke pandji.harsanto@gmail.com

        isi data berikut
        Nama :
        No. HP :
        Alamat email :

        Investasi Rp.300.000,-
        Early Bird sebelum tanggal 31 Desember 2012
        Rp. 200.000,-
        Pembayaran ke Nomor Rekening atas nama Pandji Harsanto
        BCA : 523 505 3648
        Mandiri : 119 000 451 4871

  2. Aji

    Jual beli emas sistem online, bisa diawasi terus menerus dan transparan.
    Jual beli hanya dengan sistem “klik”, tidak perlu buang2 waktu untuk kesana kemari.
    Dengan invest minimal 50jt, bisa mendapat profit 100rb-3jt per harinya dan bisa dicairkan tiap hari.
    Modal invest dapat ditarik kembali kapanpun.

    Bila ingin lebih jelas silahkan hubungi saya di nomor 08997866859.
    Terima kasih =)

  3. Anonim

    Nasehat WB untuk orang kaya raya agar mau membuka lapangan kerja bukan hanya menyimpan emas, untuk orang miskin seperti kita emas tetap tabungan terbaik

  4. Emas memang bukan alat investasi, tapi alat untuk menabung dengan jangka menengah-panjang. Sebaiknya tabungan tersebut segera dikonversi ke instrumen investasi kalo sudah cukup nilainya.
    http://suryaanindita.wordpress.com/category/gold/

  5. bushra talib

    wb mengatakan sesuatu sebagai penyesatan,emas logam mulia semenjak jaman sejarah tercatat sebagai alat tukar yang bisa diterima,coba uang kita ini berdasarkan emas dan hanya berlaku didalam negara RI,pasti sesuatunya jadi stabil,karena uang rupiah mengambang tidak ada sandaran apa apa sewaktu waktu kertas cetakan tsb bisa kehilangan harga dan kalau itu terjadi tidak ada kekuatan apa pun yang bisa menahan,disini wb bukan orang bodoh dia tau kalau emas jadi sandaran untuk uang dan us dollar pulang kampung, maka krisis besar yang dihadapi negara tsb

  6. apa yang dikatakan warren buffet sangat benar!!! jika dibandingkan dengan produktifitas, Tapi jika dibandingkan dengan nilai mata uang atau apapun namanya selain usaha & mesin2 produksi, Logam Mulia memang paling aman untuk menaruh uang jika digunakan dimasa yang akan datang.

  7. Simon

    Emas adalah bentuk tabungan yang paling aman (saya tidak mengatakan investasi), juga alat tukar yang paling stabil (bandingkan dengan uang kertas sekarang yang sebetulnya nilai riilnya sangat kecil dan sangat besar ketidak pastiannya).

    Wajar kalau Warren Buffet tidak suka emas, karena emas adalah musuh yang paling dibenci para kapitalis dan spekulan. Seandainya mata uang kita menggunakan emas, George Soros tidak akan bisa mengaca-acak kita pada tahun 1998. Itu permainan politik besar dari para kapitalis untuk tetap memiskinkan negara berkembang.

  8. Idealnya menyeimbangkan antara menabung emas dan membuka lapangan pekerjaan / membeli perusahaan melalui bursa saham.

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s