Monthly Archives: Agustus 2012

Hutang Piutang dengan Saudara dan Keluarga

Hutang dalam keluarga

Pastinya sebagai anggota dari sebuah keluarga kita harus tolong menolong terhadap keluarga yang lain. Ada cara cepat merusak hubungan keluarga bahkan yang terdekat sekalipun dengan cepat, yaitu pinjamkan uang, lalu tagih. Dijamin ribut deh :p

Hutang Piutang seyogyanya merupakan hal yang dirahasiakan. Namun Hutang Piutang dalam Keluarga akan lebih susah menyimpan rahasia karena komunikasi yang intens, baik melalui telepon maupun bersilaturahmi langsung. Akan tersebar di seluruh keluarga bahwa si A berhutang pada si B, hal ini akan mengakibatkan wibawa si A dalam keluarga akan berkurang serta menimbulkan persepsi bahwa si B dapat dihutangi.

Nah, pada saat salah satu saudara anda sedang mengalami masalah keuangan dan ingin meminjam uang kepada Anda? Apa yang anda lakukan sebagai saudara? Baca lebih lanjut

6 Komentar

Filed under perencanaan keuangan, piece of mind

Pengeluaran Membengkak Saat Bulan Puasa dan Lebaran? Wajar Kok

courtesy: http://dibali.web.id/

Bulan Ramadhan telah berlalu. Artinya Hari Raya Idul Fitri yang ditunggu-tunggu telah tiba. Momen Idul Fitri adalah momen untuk pulang ke kampung halaman dan bertemu dengan keluarga besar. Hal ini butuh persiapan yang cukup matang, baik secara ibadah maupun finansial.

Puasa Ramadhan adalah momen pengendalian diri, bukan hanya menahan diri dari lapar dan dahaga.Harusnya kita menjadi lebih hemat karena bujet makan siang pasti dipangkas, namun pada kenyataannya pengeluaran dapur di bulan suci ini malah lebih besar daripada biasanya, hal ini dipengaruhi banyak sekali faktor, misalnya?

  1. Harga-harga bahan pokok yang merangkak naik .

Percaya atau tidak, tiap menjelang bulan puasa dan lebaran pasti harga-harga bahan pokok merangkak naik. Hal ini (katanya) gara-gara permintaan yang meningkat dibanding biasanya. Jumlah kenaikan berbeda-beda tiap jenis barang, namun biasanya meningkat signifikan. Tentunya pengaruh dong sama pengeluaran kita.

2.      Menu yang lebih heboh daripada biasanya

Dalam bulan-bulan biasa mana ada Kelapa Muda, Sop Buah, Blewah, atau Timun Suri di meja makan tiap berbuka. Itu baru takjil, belum makanan utamanya. Dalam kondisi lapar, pasti kita sudah membayangkan buka dengan macam-macam menu yang menggoyang lidah. Pas waktu berbuka ternyata minum satu mangkuk sop buah sudah cukup membuat kenyang. Kadang kita menyajikan yang lebih dari yang dapat kita makan. Apalagi pada saat lebaran makanan pasti melimpah.

3.Banyak undangan buka bersama

Dalam bulan puasa pasti kita banyak mendapat undangan buka bersama, baik dari alumni sekolah, kuliah, kantor, keluarga, tetangga, atau komunitas lainnya. Gak mungkin dong kita tidak berkontribusi dalam membiayai buka bersama, paling tidak bayar apa yang kita makan, kecuali ada yang mentraktir hehehehe.

4.      Sedekah

Bulan puasa merupakan Bulan yang penuh berkah, dimana pahala amalan kita dilipatgandakan. Sudah pasti sedekah kita akan berlipat ganda dibandingkan bulan-bulan biasa. Bagi anda yang biasa bersedekah Rp. 2000 setiap hari maka di bulan puasa ditingkatkan menjadi Rp. 5000 – Rp. 10.000 setiap harinya, bahkan mas @ahmadgozali menyarankan 1000 kali lipat. Saya percaya bahwa sedekah bukan merupakan kesia-siaan namun kalau bisa kita bersedekah kepada orang yang tepat sasaran agar tidak dimanfaatkan oleh “pengemis berpenghasilaan jutaan”

5.      Persiapan Lebaran.

Persiapan Lebaran ini sangat menyita anggaran finansial kita, untung umumnya ada THR atau bonus hari raya untuk membantu menutupinya. Makna persiapan disini sangat luas, baik beli Baju Baru, Tiket Mudik, Sewa Mobil, persiapan uang angpau, dll. Bahkan yang esktrim ada yang beli mobil untuk lebaran :p. Hal ini seyogyanya disesuaikan dengan uang yang ada. Jangan sampe Lebaran udah selese, eh kita masih nyicil utangnya.

Sudah suatu keniscayaan bahwa dalam perayaan suatu hari besar keagamaan apapun dan dimanapun bisa dipastikan konsumsi akan meningkat. Yang artinya pengeluaran kita pasti akan lebih besar daripada biasanya. Tapi seberapa besar? Persiapan apakah yang telah anda lakukan? Dan apakah yang sebaiknya anda lakukan? Bersambung ke posting selanjutnya yaa

Oiya tidak lupa penulis, Devino Rizki Arfan dalam rangka Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Mohon maaf apabila ada perbuatan, kata-kata, ataupun tulisan yang tidak berkenan.

Tinggalkan komentar

Filed under perencanaan keuangan, piece of mind