Renegosiasi Gaji

Masihkah kita ingat akan kejadian di akhir bulan Januari 2012, saat kejadian buruh di daerah Bekasi menutup jalan tol karena memperjuangkan UMR mereka? Bagaimana dengan anda? Apakah gaji anda juga belum dinaikkan oleh perusahaan selama beberapa tahun belakangan? Atau bahkan perusahaan merekrut karyawan baru dengan gaji di atas anda sekarang? Mungkin ini saatnya untuk renegosiasi gaji dengan perusahaan yang memperkerjakan anda,

Menurut EXPERD  ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan renegosiasi gaji

Pertama, mengumpulkan informasi tempat anda bekerja. Apakah kondisi perusahaan memungkinkan untuk melakukan kenaikan gaji? Berapa persen kenaikan gaji biasanya diberikan oleh perusahaan? Apakah gaji yang diberikan sesuai dengan nilai yang berlaku di pasar? Dalam kondisi seperti apakah perusahaan akan memberikan kenaikan gaji di luar kenaikan rutin?

Jujur kepada diri kita sendiri, apakah alasan kita menuntut kenaikan gaji? dan apakah yang membuat kita mempunyai nilai tawar dalam menuntut kenaikan gaji. Karena bukan hanya kita yang ingin menuntut perbaikan gaji, dan bukan keputusan mudah bagi atasan anda untuk menghadapi itu semua. Namun apa bila kita mempunyai argumen dan dasar yang kuat dalam renegosiasi gaji, maka kemungkinan besar atasan kita akan menyetujui usulan tersebut

Berikut data Panduan Gaji dari Kelly Services, dapat diunduh di posting sebelumnya

Kedua, mintalah tanggung jawab lebih. Karena perusahaan biasanya berat untuk membayar lebih mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk hasil yang sama, presentasikan apa yang perusahaan dapatkan dari anda apabila memberi anda gaji dan tanggung jawab lebih. Serta beri tantangan untuk diri anda sendiri dan perusahaan untuk memberi bonus tambahan apabila kinerja anda memuaskan dan sesuai target.

Ketiga, waktu. tempat dan cara negosiasi. Carilah waktu yang yang tepat untuk bernegosiasi, jangan saat perusahaan diaudit atau sedang dikejar laporan deadline. Selain itu sebelum bertemu dengan atasan lebih baik berdiskusi terlebih dahulu melalui email atau memo untuk meninjau performa anda, jangan menunjukkan anda ingin negosiasi gaji karena atasan cenderung mencari cara menghindari bertemu karyawan yang ingin naik gaji.

Demikian semoga bermanfaat 😉

Iklan

4 Komentar

Filed under career

4 responses to “Renegosiasi Gaji

  1. @ndorondoni

    Dirimu masih di BPPK kan vin?
    Kalo baca blog-mu seakan kayak udah menguasai dunia non-PNS di luar sana. Hehe 🙂

    Anyway, nice share!

  2. makasih don,,, 😉
    masih di BPPK kok,,,,
    sering-sering mampir don 😉

  3. Anonim

    koreksi… bukan negoisasi.. tapi negosiasi ,dari kata negotiation.. 🙂

    • terima kasih mas/mbak atas kritiknya
      maaf apabila kesalahan tersebut cukup mengganggu
      saya akan segera melakukan koreksi

      sekali lagi terima kasih banyak 🙂

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s