Berkendara Dengan Bertanggung Jawab

Pada awal tahun 2012 ada dua tragedi transportasi yang membuat saya trenyuh, yang pertama adalah tragedy mobil maut dan di tugu tani. Sangat disayangkan seorang wanita yang berumur 29 tahun, notabene seharusnya sudah cukup dewasa dan matang dengan ceroboh menabrak 12 orang dan 9 orang diantaranya meninggal dunia. Mengemudi dalam keadaan kehilangan kesadaran adalah hal yang sangat berbahaya bagi sendiri dan orang lain, oleh karena itu bagi kita yang diberi tanggung jawab mengendarai mobil hendaknya dengan hati-hati mengemban tanggung jawab tersebut.

With great power comes great responsibility.”

Dengan mengendarai mobil, kita bertanggung jawab atas keselamatan penumpang kita dan pengguna jalan yang lain. Oleh karena itu apabila kita merasa ngantuk atau kurang kesadaran karena zat tertentu, sadar dirilah jangan menyetir dahulu bila perlu naik kendaraan umum.

Apabila terjadi kecelakaan di jalan karena kesalahan kita, korban tersebut bisa tidak tertolong ataupun cacat. Bagi anda yang telah diberi tanggung jawab dan keistimewaan karena telah mengendarai mobil, please drive carefully. Anda bisa menghancurkan masa depan seseorang.

Apabila korban adalah seorang bapak, bagaimana nasib anak dan istrinya?

Apabila korban adalah seorang ibu, bagaimana perasaan suami dan anak-anaknya?

Apabila korban adalah seorang anak, bagaimana dia menyongsong masa depannya?

Apabila korban adalah Anda, bagaimana perasaan Anda?

Berkendaralah dengan bertanggungjawab, because you can ruin someone’s life

 

Yang kedua adalah kasus pemerkosaan terhadap penumpang angkot dengan kronologis lengkap di  http://goo.gl/zilig

 Dengan banyaknya kejadian yang hampir serupa beberapa bulan terakhir ini menimbulkan keresahan di masyarakat terhadap keamanan pengguna transportasi publik baik angkot, busway, ataupun kereta. Karena kita belum dapat mengharapkan tindak lanjut pemerintah berwenang maka kita harus melindungi diri sendiri dengan bersikap lebih waspada, terutama bagi yang sering pulang malam dan menggunakan transportasi umum.

 Tindakan hati-hati dimulai saat ini juga,,

1.       1. Mulai pilih-pilih angkot yang dinaiki, apabila dirasa mencurigakan atau tidak ada perempuan di dalam angkot lebih baik cari kendaraan lain. Atau apabila perlu naik taksi yang sudah terpercaya.

2.       2. Menunggu di tempat yang ramai, apabila tempat menunggu relative sepi lebih baik pindah dan cari tempat yang terang dan ramai

3.       3. Kalau bisa jangan sendirian, cari teman searah untuk menemani

4.       4. Siapkan senjata bela diri, seperti alat kejut listrik atau semprotan cabe. Mungkin hal ini dirasa berlebihan namun dengan keadaan seperti ini tidak ada salahnya berjaga-jaga.

5.       5. Berdoa kepada Allah SWT agar diberi keselamatan dan dijauhkan dari segala mara bahaya. Banyak orang menyepelekan hal ini namun sesungguhnya Allah Maha Menolong seperti dalam surat Al Hajj ayat 160 “Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama) Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” [Al-Hajj: 160]

Uang memang penting tapi bukan segalanya, keselamatan masih tetap nomor satu. Be safe guys

Iklan

1 Komentar

Filed under Gw Aku Kula Ambo, piece of mind, sightseeing

One response to “Berkendara Dengan Bertanggung Jawab

  1. ternyata kasus pemerkosaan di kebayoran lama adalah hoax, maaf apabila ada yang tidak berkenan :p

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s