Arisan, asik gak yaa? ;)

Arisan, kegiatan yang identik sama ibu-ibu. Minum teh dan kue, bercengkerama tentang gosip-gosip terbaru, sampai  berjualan. Kegiatan Arisan ini sangat populer di Indonesia, sampai-sampai Nia Dinata bikin film berjudul Arisan! yang populer hingga melambungkan si Tora Sudiro yang konyol abis. :p

Arisan mempunyai kelebihan dan kekurangan tergantung jenis arisannya. Menurut Ahmad Gozali arisan mempunyai beberapa kelebihan lo, makanya jangan sinis dulu. Kelebihannya antara lain

1. Ajang silaturahmi

2. Mendapatkan kenalan baru

3. Sarana Pemasaran dan Pembuatan Jaringan

4. Saran belajar menabung

5. Proses Perencana Keuangan

Nah, kebetulan baru-baru ini saya ada pengalaman  yang ternyata model arisan itu banyak sekali dan bisa bervariasi sesuai dengan kreasi para pesertanya. Nah dari dua contoh model di bawah akan kita bahas plus minusnya secara keuangan.

Anti, seorang dokter memperoleh ajakan arisan dari temen-teman kuliah. Niatnya baik, yaitu sebagai ajang untuk berkumpul dan bersosialisasi. Arisannya sendiri dilakukan secara bulanan sebesar Rp. 100.000 dengan anggota sebanyak 18 orang. Anti sangat antusias mengikuti arisan ini, karena menjadi ajang silaturahmi teman-teman kuliah. Namun ada kebijakan aneh disini, pengocokan uang arisan dilakukan 9 bulan sekali, alasannya agar saat dibagikan bisa sekaligus banyak.

Lain Anti lain lagi Edo, di kantornya mengadakan arisan emas logam mulia. Jadi ditetapkan arisan 10 gram LM dan peserta ada 10 orang, sehingga setiap orang setor 1 gram LM setiap bulan dan dikocok saat itu juga.  Sehingga nominal setoran bisa berubah-ubah tiap bulan mengikuti harga emas.

Dari dua ilustrasi di atas, sama-sama berupa arisan namun mempunyai dua situasi yang berbeda.

kita lihat ilustrasi di atas, kita bisa lihat bahwa setiap pembagian 9 bulan sekali dibagikan sebesar Rp. 16.200.000,- dihitung-hitung apabila total uang yang disetor tiap bulan oleh peserta apabila di tarik nilai sekarang, maka masing masing peserta sebenar cuma menyetor dengan nilai sekarang sebesar Rp. 8.005.025 dengan asumsi inflasi 12%.  Nah yang paling beruntung adalah yang dapat pertama kali, dengan hanya membayar  PV Rp. 8.005.025 dia bisa mendapat uang arisan yang bernilai Rp. 14.862.385. Sedangkan yang paling kasian adalah yang dapat paling akhir karena nilai uangnya telah termakan inflasi sehingga hanya bernilai Rp. 3.434.299,-. nilai sekarang. Saran saya adalah jangka waktu arisan sebaiknya tidak terlalu lama, agar peserta yang dapat terakhir tidak terlalu dirugikan.

Dengan melihat ilustrasi arisan emas di atas, dengan setoran per bulan 1 gram emas para peserta tidak ubahnya mencicil emas 10 gram tersebut selama 10 bulan. Dengan jangka waktu yang relatif pendek, harga emas akan berfluktuasi kira naik sebesar 17% saja, sehingga nilai nominal uang yang dikeluarkan masih tidak terlalu besar dari setoran awal. Kita lihat dengan asumsi-asumsi tersebut nilai nominal yang dibayarkan peserta sebesar Rp 4.603.894 dan apabila ditarik nilai sekarang adalah Rp. 4.403.602.  Sedangkan nilai emas pada saat itu adalah sebesar Rp. 4.695.258.

excel penuh bisa diliat disini http://goo.gl/cXkUZ

Secara keuangan, arisan Edo lebih menguntungkan daripada arisan Anti namun dalam arisan banyak hal yang dipertimbangkan selain keuangan. Apabila benefit yang yang didapat dari arisan lebih dari biaya yang dikeluarkan, maka tetap menguntungkan meskipun secara keuangan kurang tepat. Hihihihi, oke selamat bersilaturahmi dalam Arisan 😉

Iklan

8 Komentar

Filed under perencanaan keuangan

8 responses to “Arisan, asik gak yaa? ;)

  1. kenapa contoh angkanya ngga dibikin mirip misal arisan emas skitar 450rbuan arisan anti juga 460rbuan gitu,,biar langsung bs dibandingin,, ane kan awam dan lambat mengerti gan,,, hehehe

    tpi mantap lah FP kita ini,,lanjut gan!

    • enggak gan, intinya bukan itu karena memang dalam jangka waktu yang terlalu panjang dan setoran tetap, arisan tidak menguntungkan. makanya aq tulis PV nilai uang yang disetor dengan PV uang yang akan diterima biar bisa dibandingkan 😉

      • iy tpi biar lbih mudah lagi aj,, untung aj kita2 kan orang jur.ekonomi jd paham lah PV itu apa (pdhal ga mudeng jg hee), klo buat orang awam kan pgn cepet tau aj, gw ikut arisan emas 460rbuan di awal tentatif sama arisan konvensional 470rbu fixed, untungan mana,,,

        *atau emang ane aj yg lemot ya gan heheee piss*

      • hihihi, tapi gw gak bandingin arisan emas sama arisan biasa gas 😉
        arisan yang di atas tuh bener-bener ada,,, intinya sih pada jangka waktu arisannya
        hihihihi

  2. julianco hasibuan

    Jadi kalo pake istilah Aa Gym…
    ini termasuk acara yang mana!?
    banyak manfaatnya!?
    atau merugikannya!?
    😀

  3. arisan harus nyediain konsumsi dong.. :p

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s