Big Mac Index 2011 atau Ekonomi Burger

Apa yang pertama anda pikirkan waktu saya tulis Big Mac Burger? Sounds delicious isn’t it? Yummy,,,, ๐Ÿ˜‰

Ini bukan promosi loh,,, ini adalah salah satu produk burger di restoran siap saji McD*nal*s yang dijual di hampir seluruh negara di dunia dimana McD ada. Kenapa Big Mac Burger jadi standard? karena produk ini dijual di 80% diย  32.000 restoran McD yang tersebar di 100 negara dan dibuat dari bahan yang relatif sama meskipun bentuk dan bahan yang digunakan sedikit berbeda-beda menyesuaikan dengan budaya dan selera negara dimana restoran McD tersebut berdiri.

Konsep Big Mac Index ini dikenalkan oleh majalah The Economists pada tahun 1996 sebagai bentuk Paritas Daya Beli dengan cara yang humoris ;). Indeks ini dipublikasikan tiap tahun hingga kini, sekarang lebih populer disebut Burgernomics. Lucunya, barang yang dibandingkan di dalam beberapa negara ini adalah Burger Big Mac. Standar Ekonomi menurut harga Burger :p

Dengan BMI ini kita membandingkan Paritas Daya Beli antara dua negara, yaitu dengan membandingkan harga Big Mac di satu negara dengan negara lainnya, dan kemudian membandingkan dengan kurs riil yang berlaku saat itu. Hasilnya apabila jika nilai pertama lebih rendah dari harga riil, maka dianggap undervalued dan juga sebaliknya.

contohnya melalui data di bawah ini, dengan negara Indonesia

(berdasarkan tabel di bawah, klik di gambar untuk memperbesar)

Harga Big Mac di AS adalah $ 3.80

Harga Big mac di Indonesia adalah Rp 23.463

Berarti yang dibandingkan adalah Rp 23.463 / $ 3.80 = 6.174

Jadi {(6.174 – 8.712) / 8.712)} = -29%

Jadi sebenarnya menurut Big Mac Index, harga Rupiah terlalu rendah sebesar 29% terhadap dollar. Nilai Tukar Ideal Dollar menurut BMI adalah Rp 6.174 sedangkan kenyataannya nilai kurs sekarang Rp 8.712

Model penelitian ini memang memiliki banyak keterbatasan, karena di beberapa negara makanan cepat saji adalah salah satu barang mewah, serta perbedaan biaya produksi di setiap negara sehingga banyak sekali bias yang ada. Namun terlepas semua itu, just enjoy the jokes guys,,, ekonomi tidak selalu serius kawan, this is practical science joke. ilmiah sih, tapi kadang terlihat seperti guyonan. enjoy ๐Ÿ˜‰

Iklan

4 Komentar

Filed under perencanaan keuangan, piece of mind, sightseeing

4 responses to “Big Mac Index 2011 atau Ekonomi Burger

  1. aminhudaya

    kenapa bic mac dan bukan indomie???

  2. karena indomie hanya spesifik untuk pasar indonesia saja min ๐Ÿ˜‰

  3. Anonim

    tx for your info ๐Ÿ™‚

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s