Donor Darah, Cek Up Penyakit gratis :p

Donor Darah

Bosen juga bahas keuangan, bahas darah ahh *lohhhh yang cowok jangan cuma mau donor sp**ma aja. Belum tentu diterima, biasanya yang donor sp**ma adalah orang yang cemerlang secara IQ, tampan/cantik, pokoknya unggulan dah. Yang biasa biasa aja harap minggir :p *lohkokjadibahassp**ma

Tanggal 3 Juni 2011 kemaren saya donor darah di Gerai Senayan City Lower Ground, Crystal Lagoon. Tahun ini sudah dua kali donor, yang pertama bulan Februari dan ini yang kedua. Saya sebenarnya prihatin dengan kurangnya kesadaran masyarakat untuk menyumbang darah.

Pernah saya bertemu seorang teman, saya ajak dia mendonorkan darah. Eh dia malah ngomong, “gua dulu sering men nyumbang darah, tapi gara-gara pas paman gua butuh darah malah tidak tersedia dan akhirnya meninggal. Gw jadi males donor darah

Selain masalah pengalaman pribadi, banyak orang masih takut dengan jarum donor yang segede-gede gaban padahal juga gak begitu sakit. Selain itu ada yang takut darahnya dijualin ama PMI, mereka bilang “enak aja, gua yang nyumbang darah mereka ambil untung jual-jualin darah kita”.

Menyambung dari artikel Media Indonesia di http://www.mediaindonesia.com/move/?p=901  bahwa PMI hanya bisa memenuhi + 35% dari kebutuhan total darah per tahunnya, belum lagi apabila persebarannya belum merata. Oleh karena itu wajar apabila darah susah didapatkan, sehingga pihak yang membutuhkan darah membawa sendiri pendonornya biasanya dari kalangan keluarga sendiri. Namun hal itu juga tidak memecahkan masalah karena darah tersebut tidak bisa langsung diberikan karena harus melalui beberapa tes tertentu yang tentunya juga membutuhkan waktu.

Selain itu banyak yang mengeluh selain susah didapatkan, maka bila tersedia harganya selangittttt,,, menurut artikel ini http://news.okezone.com/read/2011/04/14/338/446145/rs-diminta-tak-naikkan-harga-darah-ke-pasien di RS Swasta harga darah per kantong bisa mencapai Rp. 1.250.000,- padahal harga resmi dari PMI hanya sampai Rp. 250.000,-. Diharapkan berbagai pihak melakukan transparansi, berapa sih biaya yang dibutuhkan untuk memperoleh satu kantong darah? Coba kita gambarkan susahnya mencari darah di Indonesia

Saya pernah menjadi panitia donor darah baik alumni SMAN 3 Malang atau PMR SMAN 3 Malang, jadi begini gambarannya,,

Ada kegiatan donor darah, yang berniat menyumbang ada 150 orang, namun setelah ditensi dan tes Hb katakanlah yang memenuhi syarat hanya 100 orang. Dari 100 orang ini kemudian mendonorkan darah yang kemudian dites lagi di Lab PMI apakah ada penyakit di dalam darah,  apabila terdapat penyakit tertentu pendonor bersangkutan langsung ditelpon oleh petugas PMI untuk diberi keterangan mengenai kondisi darahnya. Seperti cewek saya yang ditelpon karena darah mengandung alergi sehingga tidak dapat digunakan, jadi sebenarnya dengan donor darah kita bisa tes darah gratis :p. Dari 100 kantung katakanlah hanya 70% yang memenuhi syarat, sehingga hanya 70 orang dari potensi 150 orang. (ini  gambaran saja, bukan data resmi)

Selain menolong orang, donor darah juga bikin sehat loh. Karena dengan mendonorkan darah, sumsum tulang akan memproduksi darah baru yang lebih segar. Dan ada beberapa manfaat seperti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan penyakit berat lainnya (meski belum terbukti secara klinis)

Oleh karena itu, mari kita mendonorkan darah kitaaaa. Karena dengan hukum donor darah menurut Islam ->> http://www.islamqa.com/id/ref/2320. Dengan niat baik insya Allah kita akan mendapat kebaikan juga.

Salam

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under piece of mind

Mohon Tanggapannya :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s